Rekonstruksi Kurikulum Pesantren Abad 21: Integrasi Spiritualitas dan Kompetensi Global
DOI:
https://doi.org/10.71259/7tj4kk55Keywords:
kurikulum pesantren, spiritualitas Islam, keterampilan abad 21, konstruktivisme, pendidikan Islam, digitalisasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara konseptual transformasi kurikulum pesantren di era abad 21 melalui pendekatan integratif antara spiritualitas Islam dan keterampilan abad 21. Dalam konteks revolusi industri 4.0 dan digitalisasi pendidikan, pesantren dituntut untuk merekonstruksi kurikulumnya agar tetap relevan tanpa kehilangan identitas tradisionalnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berbasis studi pustaka dengan analisis tematik terhadap literatur akademik terkini yang membahas integrasi kurikulum pesantren dan kurikulum nasional, pendekatan konstruktivisme, serta praktik pendidikan berbasis teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesantren yang mampu menggabungkan nilai-nilai spiritual dengan kompetensi global cenderung lebih adaptif dan kompetitif dalam lanskap pendidikan nasional. Integrasi metode tradisional seperti sorogan dan bandongan dengan literasi digital dan pembelajaran berbasis proyek terbukti memperkuat identitas keislaman santri sekaligus meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan perlunya pengembangan kurikulum pesantren yang fleksibel dan kontekstual, serta pelatihan guru dalam pedagogi modern. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis terhadap wacana pendidikan Islam dan merekomendasikan studi lapangan lanjutan untuk memperkaya pemahaman praktik kurikulum di lingkungan pesantren.
References
Abdullah, A., Bustami, K., Yusuf, Y., Hendiyani, D., & Saifrizal, M. (2025). Pengaruh media sosial dan afiliasi penjual terhadap brand equity pada UMKM di Kota Lhokseumawe. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 18(1), 109–117. https://doi.org/10.46306/jbbe.v18i1.680
Aly, A., & Nurhakim, M. (2020). The role of transformation in the curriculum for sustainability of schools. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 12(1), 401–418. PDF link
Bahrudin, B., Chunhachatrachai, P., & Lin, C.-Y. (2024). Comparative analysis of pre-trained CNN backbones and machine learning techniques for high similarity in circular object image classification. 2024 IEEE International Conference on Smart Mechatronics. https://doi.org/10.1109/icsmech62936.2024.10812330
Darojat, I. (2021). Analisis pengaruh daya tarik wisata dan kualitas pelayanan terhadap minat berkunjung ulang dengan kepuasan pengunjung sebagai variabel intervening. Dynamic Management Journal, 5(1). https://doi.org/10.31000/dmj.v5i1.4101
Fatmawati, F., & Rifai, M. (2021). Analisis faktor risiko yang mempengaruhi kejadian penyakit ISPA pada balita. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 1–10. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.641
Kailani, N. (2020). Articulations of Islam and Muslim subjectivity: Fundamental debates in the anthropology of Islam. In Commerce, Knowledge, and Faith (pp. 265–283). Centre for Multicultural Studies, National Cheng Kung University. Repository link
Musfah, J., Zakaria, R., Sofyan, A., Sayuti, W., Ridho, K., Fauzan, F., & Muawam, M. (2020). Pesantren-based school curriculum integration model in Indonesia. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 223–240. https://doi.org/10.14421/manageria.2020.52-13
Nassaji, H. (2015). Qualitative and descriptive research: Data type versus data analysis. Language Teaching Research, 19(2), 129–132. https://doi.org/10.1177/1362168815572747
Salim Kurniawan, K., & Dahda, S. S. (2023). Pengendalian kualitas pengelasan pada konstruksi mechanical piping dengan metode seven tools. Jurnal Teknik Industri, 9(2), 498–505. https://doi.org/10.24014/jti.v9i2.23521
Wahidah, W., & Basri, B. (2024). Inovasi lembaga pendidikan Islam Aceh dalam mempersiapkan generasi Qur’ani di era digital. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 16(1), 32–50. https://doi.org/10.47498/tadib.v16i1.3055
Yusuf, F., & Ali, A. (2025). Unveiling the role of grammar mastery: How sentence structure, verb usage, and subject-verb agreement shape tenses proficiency in English learning. PANYONARA: Journal of English Education, 7(1), 103–123. https://doi.org/10.19105/panyonara.v7i1.16735
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Musaddad, Sudarsono (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IslamicEdu Management Journal (IEMJ)
Published by Yayasan Pendidikan Al-Falah, Situbondo, East Java, Indonesia







