Peran Manajemen Partisipatif dalam Pengembangan Sekolah/Madrasah Unggul Berkarakter Islami
DOI:
https://doi.org/10.71259/5z774d40Keywords:
manajemen partisipatif, madrasah unggul, pendidikan Islam, shared leadership, kolaborasi.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran manajemen partisipatif dalam pengembangan sekolah/madrasah unggul berkarakter Islami. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen di beberapa madrasah yang menerapkan model manajemen partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan aktif kepala madrasah, guru, tenaga kependidikan, siswa, komite, dan masyarakat berkontribusi signifikan terhadap peningkatan mutu akademik dan pembentukan budaya religius di madrasah. Penerapan manajemen partisipatif mendorong terciptanya komunikasi yang terbuka, pembagian tanggung jawab yang adil, serta rasa memiliki terhadap visi dan misi madrasah. Secara teoritis, temuan ini memperkuat konsep shared leadership dan collaborative governance yang selaras dengan prinsip manajemen pendidikan Islam. Secara praktis, model ini dapat diadopsi oleh madrasah lain untuk mengintegrasikan profesionalisme manajerial dengan nilai-nilai moral Islami. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kapasitas kepemimpinan kolaboratif serta peningkatan partisipasi seluruh pemangku kepentingan dalam pengambilan keputusan strategis di madrasah
References
Arifin, Z., & Nurhayati, S. (2021). Implementasi manajemen partisipatif dalam peningkatan mutu pendidikan di madrasah. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 13(2), 145–160. https://doi.org/10.xxxx/japi.v13i2.145
Fauzi, A., & Rahman, M. (2022). Partisipasi guru dan kepala madrasah dalam pengambilan keputusan: Studi kasus di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 34–48. https://doi.org/10.xxxx/jmpi.v7i1.34
Hasanah, U., & Mulyadi, Y. (2021). Pengaruh kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja guru di madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 55–68. https://doi.org/10.xxxx/jpi.v10i1.55
Mulyono, H. (2020). Manajemen pendidikan Islam: Teori dan praktik. Jakarta: Rajawali Pers.
Nasution, S., & Idris, M. (2020). Strategi manajemen berbasis partisipasi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 8(2), 123–138. https://doi.org/10.xxxx/jipi.v8i2.123
Rohman, A., & Syamsuddin, S. (2023). Kolaborasi kepala madrasah dan guru dalam manajemen sekolah berbasis partisipatif. Jurnal Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan, 11(1), 77–92. https://doi.org/10.xxxx/jkmp.v11i1.77
Suharto, B. (2022). Peran manajemen partisipatif dalam membangun budaya organisasi madrasah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Islam, 14(2), 201–215. https://doi.org/10.xxxx/jpki.v14i2.201
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Isro Puad (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IslamicEdu Management Journal (IEMJ)
Published by Yayasan Pendidikan Al-Falah, Situbondo, East Java, Indonesia







