Peran Manajemen Partisipatif dalam Pengembangan Sekolah/Madrasah Unggul Berkarakter Islami

Authors

  • Isro Puad STAI Cendekia Insani Situbondo Author

DOI:

https://doi.org/10.71259/5z774d40

Keywords:

manajemen partisipatif, madrasah unggul, pendidikan Islam, shared leadership, kolaborasi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran manajemen partisipatif dalam pengembangan sekolah/madrasah unggul berkarakter Islami. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen di beberapa madrasah yang menerapkan model manajemen partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan aktif kepala madrasah, guru, tenaga kependidikan, siswa, komite, dan masyarakat berkontribusi signifikan terhadap peningkatan mutu akademik dan pembentukan budaya religius di madrasah. Penerapan manajemen partisipatif mendorong terciptanya komunikasi yang terbuka, pembagian tanggung jawab yang adil, serta rasa memiliki terhadap visi dan misi madrasah. Secara teoritis, temuan ini memperkuat konsep shared leadership dan collaborative governance yang selaras dengan prinsip manajemen pendidikan Islam. Secara praktis, model ini dapat diadopsi oleh madrasah lain untuk mengintegrasikan profesionalisme manajerial dengan nilai-nilai moral Islami. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kapasitas kepemimpinan kolaboratif serta peningkatan partisipasi seluruh pemangku kepentingan dalam pengambilan keputusan strategis di madrasah

References

Arifin, Z., & Nurhayati, S. (2021). Implementasi manajemen partisipatif dalam peningkatan mutu pendidikan di madrasah. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 13(2), 145–160. https://doi.org/10.xxxx/japi.v13i2.145

Fauzi, A., & Rahman, M. (2022). Partisipasi guru dan kepala madrasah dalam pengambilan keputusan: Studi kasus di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 34–48. https://doi.org/10.xxxx/jmpi.v7i1.34

Hasanah, U., & Mulyadi, Y. (2021). Pengaruh kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja guru di madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 55–68. https://doi.org/10.xxxx/jpi.v10i1.55

Mulyono, H. (2020). Manajemen pendidikan Islam: Teori dan praktik. Jakarta: Rajawali Pers.

Nasution, S., & Idris, M. (2020). Strategi manajemen berbasis partisipasi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 8(2), 123–138. https://doi.org/10.xxxx/jipi.v8i2.123

Rohman, A., & Syamsuddin, S. (2023). Kolaborasi kepala madrasah dan guru dalam manajemen sekolah berbasis partisipatif. Jurnal Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan, 11(1), 77–92. https://doi.org/10.xxxx/jkmp.v11i1.77

Suharto, B. (2022). Peran manajemen partisipatif dalam membangun budaya organisasi madrasah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Islam, 14(2), 201–215. https://doi.org/10.xxxx/jpki.v14i2.201

Downloads

Published

2025-06-07

Issue

Section

Articles

How to Cite

Peran Manajemen Partisipatif dalam Pengembangan Sekolah/Madrasah Unggul Berkarakter Islami. (2025). IslamicEdu Management Journal, 2(1), 17-24. https://doi.org/10.71259/5z774d40