Model Kepemimpinan Spiritual-Transformasional dalam Penguatan Budaya Mutu di Lembaga Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.71259/ha7cr224Keywords:
Kepemimpinan spiritual-transformasional, budaya mutu, pendidikan Islam, nilai religius, inovasi kelembagaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi model kepemimpinan spiritual-transformasional dalam membangun budaya mutu di lembaga pendidikan Islam, sebagai respons terhadap kebutuhan tata kelola pendidikan yang tidak hanya efisien secara struktural, tetapi juga bermakna secara spiritual dan transformatif. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus multipel yang dilaksanakan di tiga lembaga pendidikan Islam unggulan di Jawa Timur. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan dokumentasi institusional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemimpin dengan orientasi spiritual dan transformasional mampu menanamkan nilai-nilai religius, membangun visi kolektif, serta mendorong inovasi berkelanjutan dalam pembelajaran dan manajemen mutu. Dimensi idealisme, makna kerja, dan keteladanan moral menjadi penggerak utama tumbuhnya budaya mutu yang hidup dan dinamis. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa model kepemimpinan spiritual-transformasional merupakan pendekatan yang efektif dan kontekstual dalam menghadapi tantangan manajerial lembaga pendidikan Islam di era disrupsi. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya pelatihan kepala sekolah atau mudir dalam kepemimpinan berbasis nilai spiritual dan transformasional sebagai bagian dari penguatan sistem pendidikan Islam nasional.
References
Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational leadership (2nd ed.). Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Sage Publications.
Fry, L. W. (2003). Toward a theory of spiritual leadership. The Leadership Quarterly, 14(6), 693–727. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2003.09.001
Fry, L. W. (2021). Spiritual leadership in action: The CEL story—Achieving extraordinary results through ordinary people. Information Age Publishing.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.
Misbah, M. (2022). Kepemimpinan kepala madrasah berbasis spiritualitas dalam meningkatkan budaya mutu. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam UIN, 7(1), 45–58.
Patton, M. Q. (2015). Qualitative research and evaluation methods (4th ed.). Sage Publications.
Reave, L. (2005). Spiritual values and practices related to leadership effectiveness. The Leadership Quarterly, 16(5), 655–687. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2005.07.003
Sallis, E. (2020). Total quality management in education (3rd ed.). Routledge.
Suryadi, A. (2023). Spiritual leadership and quality culture in Indonesian Islamic education: A qualitative case study. International Journal of Islamic Educational Management, 5(1), 33–47.
Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods (6th ed.). Sage Publications.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Nur Kurma (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IslamicEdu Management Journal (IEMJ)
Published by Yayasan Pendidikan Al-Falah, Situbondo, East Java, Indonesia







