Strategi Peningkatan Mutu SDM Pendidikan Islam Melalui Pelatihan Berbasis Syariah

Authors

  • Purdiyanto Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Pesanggrahan Jangkar, situbondo, Jawa Timur, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.71259/675gaf76

Keywords:

Pelatihan Berbasis Syariah, Manajemen SDM, Pendidikan Islam, Mutu Tenaga Pendidik, Nilai Islami.

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis strategi pelatihan berbasis syariah dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) di lembaga pendidikan Islam. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Penelitian dilakukan pada salah satu lembaga pendidikan Islam di Jawa Timur yang telah mengimplementasikan pelatihan SDM secara terstruktur dan berbasis nilai-nilai Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan berbasis syariah berdampak signifikan terhadap peningkatan kompetensi profesional, etos kerja, dan integritas spiritual para tenaga pendidik dan kependidikan. Strategi pelatihan yang mengintegrasikan nilai-nilai seperti ikhlas, amanah, disiplin, dan tanggung jawab menjadi kunci keberhasilan dalam membentuk budaya kerja Islami. Penelitian ini merekomendasikan bahwa pelatihan berbasis syariah dapat dijadikan model pengembangan SDM yang holistik dan relevan untuk diterapkan secara luas dalam konteks pendidikan Islam.

References

Al-Attas, S. M. N. (1990). The concept of education in Islam: A framework for an Islamic philosophy of education. Kuala Lumpur: International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC).

Creswell, J. W. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Hasibuan, M. S. P. (2021). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, M. (2021). Training and development in Islamic education institutions. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 135–149. https://doi.org/10.14421/jpi.2021.102.135-149

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2020). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif (edisi revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Patton, M. Q. (2015). Qualitative research & evaluation methods: Integrating theory and practice (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Sugiyono. (2023). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-12-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

Strategi Peningkatan Mutu SDM Pendidikan Islam Melalui Pelatihan Berbasis Syariah. (2024). IslamicEdu Management Journal, 1(2), 164-172. https://doi.org/10.71259/675gaf76