Integrasi Nilai Islam dalam Penerapan Total Quality Management di Lembaga Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.71259/7awyrn65Keywords:
Total Quality Management, pendidikan Islam, nilai-nilai Islam, mutu pendidikan, manajemen spiritualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Total Quality Management (TQM) dalam lembaga pendidikan Islam dengan fokus pada integrasi nilai-nilai keislaman dalam sistem manajemen mutu. Dalam konteks dinamika mutu pendidikan dan tantangan modernisasi, pendekatan TQM dianggap relevan untuk diterapkan, namun perlu adaptasi dengan prinsip-prinsip moral dan spiritual Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi lapangan, dan studi dokumentasi di salah satu lembaga pendidikan Islam menengah. Data dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman melalui tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip TQM seperti customer focus, leadership commitment, dan continuous improvement telah diimplementasikan secara kontekstual dengan pendekatan nilai-nilai Islam, seperti ikhlas, amanah, muraqabah, dan syura. Proses manajemen mutu tidak hanya menekankan efisiensi administratif, tetapi juga transformasi spiritual dan pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model TQM berbasis nilai Islam mampu menciptakan tata kelola pendidikan yang unggul secara akademik sekaligus berakar kuat pada spiritualitas. Implikasi dari penelitian ini membuka peluang pengembangan sistem mutu pendidikan Islam yang integratif dan berkelanjutan
References
Andriyeni, & Sesmiarni. (2024). Strategi peningkatan mutu berbasis TQM pada sekolah Islam terpadu. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Afkar, 12(1), 55–70.
Hamida, S., & Haryati, L. (2024). Kepemimpinan spiritual dalam implementasi manajemen mutu pendidikan Islam. Learning: Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 101–113. https://jurnalp4i.com/index.php/learning/article/view/2862
Haq, M. A., Rohman, F., & Mukmin, A. (2025). Total Quality Management (TQM) dalam pendidikan Islam: Integrasi dimensi spiritual, akademik, dan manajerial. Al-Iman: Jurnal Kependidikan Islam, 18(1), 45–62. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/aliman/article/view/7987
Husna, R. (2025). Digitalisasi mutu pendidikan Islam melalui sistem dashboard integratif. International Journal of Management Research, 9(1), 77–89. https://ojssulthan.com/ijmr/article/download/282/173
Kusriyanto, & Nur Wening, R. (2024). Total Quality Management dalam pengelolaan mutu madrasah berbasis nilai Islam. Nawala Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 33–48.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Sage Publications.
Suhendri, M. (2024). Adaptasi prinsip Deming dan Sallis dalam sistem mutu pendidikan Islam. Urwatul Wutsqo: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 91–108. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/UrwatulWutsqo/article/view/2228
Suryani, E. (2024). Tinjauan kritis penerapan TQM di sekolah Islam: Peluang dan tantangan. An-Nur: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 121–135. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/1541
Sutikno, M., Nuraini, L., & Fauzan, R. (2025). The implementation of Total Quality Management (TQM) from Qur’anic perspective and its problems in schools. ResearchGate Preprint, 1–14. https://www.researchgate.net/publication/393904866_The_Implementation_of_Total_Quality_Management_TQM_from_Qur%27anic_Perspective_and_Its_Problems_in_Schools
Udhma, A. R., & Minarti, N. (2025). Pengaruh pelatihan spiritual terhadap efektivitas TQM dalam sekolah Islam. Managere: Indonesian Journal of Educational Management, 7(2), 112–128. https://serambi.org/index.php/managere/article/view/784
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ira Faramisti (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IslamicEdu Management Journal (IEMJ)
Published by Yayasan Pendidikan Al-Falah, Situbondo, East Java, Indonesia







