Problematika Rekrutmen dan Penempatan Guru di Madrasah Swasta
DOI:
https://doi.org/10.71259/rjt90931Keywords:
Rekrutmen Guru, Penempatan Guru, Madrasah Swasta, Manajemen Sumber Daya Manusia, Pengembangan Profesional GuruAbstract
Rekrutmen dan penempatan guru di madrasah swasta menghadapi berbagai tantangan yang berdampak signifikan pada kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi rekrutmen dan penempatan guru, dampaknya terhadap proses pembelajaran, serta strategi pengelolaan SDM yang dapat diterapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen di tiga madrasah swasta. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa keterbatasan anggaran, kebijakan rekrutmen yang kurang berbasis kompetensi, dan minimnya pelatihan berkelanjutan menjadi hambatan utama. Dampak dari permasalahan ini terlihat pada penurunan motivasi siswa dan berkurangnya kepercayaan masyarakat terhadap madrasah. Kesimpulan penelitian menegaskan pentingnya rekrutmen berbasis kompetensi, pelatihan guru yang berkelanjutan, dan sistem evaluasi kinerja yang transparan. Implikasi dari penelitian ini memberikan panduan praktis bagi madrasah swasta untuk memperbaiki pengelolaan SDM dan meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
References
Anhar, J. (2023). Pengaruh Kompetensi Guru Agama Islam Terhadap Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Di Madrasah Tsanawiyah. Ajis, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61650/ajis.v1i1.136
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa
Clarita, N., Raibowo, S., Prabowo, A., & Nopiyanto, Y. E. (2021). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pelaksanaan Sekolah Siaga Bencana Pada Kawasan Pesisir Pantai. Altius Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 10(2), 143–154. https://doi.org/10.36706/altius.v10i2.14718
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, Inc.
Deraman, D., Pabbajah, M., & Widyanti, R. N. (2022). Respons Lembaga Pendidikan Islam Atas Implementasi Sistem Manajemen Mutu Pendidikan Nasional. Al-Iltizam Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 156–172. https://doi.org/10.33477/alt.v7i1.3051
Elitasari, H. T. (2022). Kontribusi Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(6), 9508–9516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4120
Feranina, T. M., & Komala, C. (2022). Sinergitas Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Pendidikan Karakter Anak. Jurnal Perspektif, 6(1), 1. https://doi.org/10.15575/jp.v6i1.163
Garini, D. P. (2024). Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Banjar. Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi Dan Kewirausahaan, 15(01). https://doi.org/10.59188/covalue.v15i01.4440
Glenn A., B. (2009). Document Analysis as a Qualitative Research Method. 9(2), 27–40.
Hilda, E. M. (2023). Membangun Koneksi Emosional: Pentingnya Hubungan Guru-Murid Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 4(2), 241–245. https://doi.org/10.51874/jips.v4i2.100
Julaiha, S., Ramli, A., Oktaviany, V., Sudadi, S., Malik, L. R., & Anwar, H. C. (2023). Analisis Pengaruh Manajemen Pendidikan Terhadap Motivasi Belajar Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2659–2670. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4507
Kholid, I., & Rosadi, K. I. (2021). Berpikir Sistem Dalam Menggali Potensi Eksternal Pendidikan (Faktor–faktor Eksternal Berpikir Sistem Dalam Menggali Potensi Pendidikan Di Indonesia). Jurnal Ilmu Hukum Humaniora Dan Politik, 1(2), 158–170. https://doi.org/10.38035/jihhp.v1i2.661
Komariah, N. (2023). Manajemen Akreditasi Sekolah / Madrasah. Al-Afkar Manajemen Pendidikan Islam, 11(01), 13–27. https://doi.org/10.32520/al-afkar.v11i01.590
Lahmi, A., Arman, I., & Mursal, M. (2021). Supervisi Klinis Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Pai. Jurnal Islamika, 4(1), 58–68. https://doi.org/10.37859/jsi.v4i1.2440
Lubis, S. K. (2022). Evaluasi Kinerja Guru Seni Budaya Ditinjau Dari Kesesuaian Latar Belakang Pendidikan Guru Dengan Aspek Seni Yang Diajarkan. Gorga Jurnal Seni Rupa, 11(2), 394. https://doi.org/10.24114/gr.v11i2.35083
Muhtadi, M. A. (2023). Pengaruh Kepuasan Kerja Guru Dan Kebijakan Sekolah Terhadap Peningkatan Efektivitas Manajemen Pendidikan Di Sekolah Menengah Pertama Di Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan West Science, 1(11), 681–691. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i11.799
Pahira, S. H., & Rinaldy, R. (2023). Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi. Comserva Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(03), 810–817. https://doi.org/10.59141/comserva.v3i03.882
Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods: Integrating Theory and Practice (4Th ed.). SAGE Publications, Inc.
Riswandi, R., Sukamto, I., & Oktaria, R. (2021). Sekolah Efektif, Learning Organization, Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1873–1880. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1873
Robbani, H. (2022). Permodelan Koding Pada Penelitian Kualitatif-Studi Kasus. Nucleus, 3(1), 37–40. https://doi.org/10.37010/nuc.v3i1.758
Spradley, J. P. (1980). Participant Observation. Holt, Rinehart and Winston.
Sriyati, S., & Nakamnanu, E. H. (2021). Peran Guru Dalam Menerapkan Pendidikan Agama Kristen Untuk Menumbuhkan Iman Kristen Anak Sejak Dini. Shamayim Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(1), 14–28. https://doi.org/10.51615/sha.v1i1.2
Subagyo, U. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Pegawai Pada Fifgroup Dengan Metode Simple Additive Weighting. Fahma, 20(2), 75–86. https://doi.org/10.61805/fahma.v20i2.35
Sukma, H. S. (2024). Manajemen Mutu Pendidikan Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Sekolah Dan Madrasah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(3), 242–252. https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i3.1925
Suparni, S., & Octaviani, W. (2022). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru Matematika Madrasah Tsanawiyah Di Wilayah DI Yogyakarta. Jurnal Anugerah, 4(1), 59–65. https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i1.4312
Susilo, A., Febriani, E., Wahyuniar, L., & Iswarawanti, D. N. (2023). Pengaruh Metode Simulasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Guru Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Di SMK Kabupaten Brebes Tahun 2022. Journal of Health Research Science, 3(1), 72–82. https://doi.org/10.34305/jhrs.v3i01.766
VOLTA, A. S. (2024). Transformasi Pendidikan Di Era 4.0: Intelektualitas Guru Tercipta Kualitas Sekolah Terjaga. Jurnal Kepengawasan Supervisi Dan Manajerial, 1(4), 143–151. https://doi.org/10.61116/jksm.v1i4.260
Warisno, A. (2023). Manajemen Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Scaffolding Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 615–626. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.1779
Widiyaningsih, P. (2023). Peran Guru Dalam Memaksimalkan Semangat Belajar Peserta Didik Pada Implementasi Program Kurikulum Merdeka Di SMK Negeri 1 Boyolali. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6325–6332. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2753
Wiraguna, S. (2024). Metode Penelitian Kualitatif Di Era Transformasi Digital Qualitative Research Methods in the Era of Digital Transformation. Arsitekta Jurnal Arsitektur Dan Kota Berkelanjutan, 6(01), 46–60. https://doi.org/10.47970/arsitekta.v6i01.524
Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods. Sage Publications.
Zulkarnain, A. I., Supriadi, G., & Saudah, S. (2020). Problematika Lembaga PAUD Dalam Memenuhi Kebutuhan Tenaga Pendidik Sesuai Kualifikasi. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 14. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.491
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sudarsono (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IslamicEdu Management Journal (IEMJ)
Published by Yayasan Pendidikan Al-Falah, Situbondo, East Java, Indonesia







