Komunikasi Kepala Madrasah; Transformasi Madrasah Menuju Madrasah Unggul di Madrasah Tsanawiyah Nurul Jadid

Authors

  • Ahmad Rifdur Rohman STAI Cendekia Insani Author

DOI:

https://doi.org/10.71259/4vpc2r71

Keywords:

komunikasi kepala madrasah, pendidikan unggul, komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi massa

Abstract

Penelitian ini membahas pola komunikasi kepala Madrasah Tsanawiyah Nurul Jadid dalam upaya mentransformasi madrasah menuju institusi pendidikan unggul. Masalah penelitian yang diangkat adalah pentingnya komunikasi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis pola komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, dan komunikasi massa yang digunakan oleh kepala madrasah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang digunakan mampu menciptakan hubungan yang efektif antara kepala madrasah, guru, siswa, dan wali santri. Media komunikasi seperti musyawarah, telepon, website, dan WhatsApp terbukti efektif dalam meningkatkan kepercayaan dan partisipasi berbagai pihak dalam mencapai visi madrasah unggul

References

Ali, M. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 1–10.

Anwar, H. (2018). Implementation of education management standard in the guidance of private Islamic high school. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 75–86.

Baharun, H. (2017). Peningkatan kompetensi guru melalui sistem kepemimpinan kepala madrasah. Jurnal Ilmu Tarbiyah At-Tajdid, 6(1), 1–26.

Fatimah, D., Djailani, K., & Khairuddin. (2015). Komunikasi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada SMA Negeri 1 Geumpang Kabupaten Pidie. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 3(4), 149–159.

Khoirun Nida, F. L. (2014). Persuasi dalam media komunikasi massa. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam At-Tabsyir, 2(2), 77–95.

Gusman, H. E. (2014). Hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di SMP N Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam. Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 293–301.

Hamidi, N. (2015). Strategi komunikasi kepala madrasah berprestasi dalam pengembangan madrasah ibtidaiyah: Kasus di MI Muhammadiyah Serangrejo Kulonprogo. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 103–124.

Hermoyo, R. P. (2014). Membentuk komunikasi yang efektif pada masa perkembangan anak usia dini. Jurnal Pedagogi, 1(1), 1–22.

Muthia, F. (2018). Persepsi masyarakat terhadap lembaga pendidikan Islam di Desa Pengkok Kedawung Sragen Jawa Tengah. Al-Bahtsu, 3(2).

Mukhlasin, A. (2017). Pola komunikasi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesionalisme guru di SD Islam An-Nizam. Jurnal Ilmu Tarbiyah At-Tajdid, 1(1), 54–64.

Napitupulu, D. S. (2019). Komunikasi organisasi pendidikan Islam. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 11(2), 127–136.

Pohan, A. (2015). Peran komunikasi verbal dan nonverbal dalam hubungan manusia. Al-Munir Jurnal Ilmiah Dakwah, 6(2), 1–22.

Rasmi. (2014). Peningkatan mutu dan profil lembaga pendidikan dalam perspektif total quality management (TQM). Jurnal Al-Ta’dib, 7(1), 54–67.

Sugiono, S., & Kuntjojo, K. (2016). Pengembangan model permainan pra-calistung anak usia dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 255–276.

Tutiasri, R. P. (2016). Komunikasi dalam komunikasi kelompok. Channel: Jurnal Komunikasi, 4(1), 81–90.

Wijaya, I. S. (2013). Komunikasi interpersonal dan iklim komunikasi dalam organisasi. Jurnal Dakwah Tabligh, 14(1), 118–120.

Wisman, Y. (2017). Komunikasi efektif dalam dunia pendidikan. Jurnal Nomosleca, 3(2), 646–654.

Downloads

Published

2024-12-15

Issue

Section

Articles

How to Cite

Komunikasi Kepala Madrasah; Transformasi Madrasah Menuju Madrasah Unggul di Madrasah Tsanawiyah Nurul Jadid. (2024). IslamicEdu Management Journal, 1(2), 101-110. https://doi.org/10.71259/4vpc2r71